Cara menambahkan atau memasang gadget di blogger atau blogspot

Gadget blogger adalah fitur dari flatform blogger yang berfungsi untuk mempermudah anda dalam pengaturan tampilan blog anda. Banyak sekali gadget blogger yang bisa anda tambahkan untuk memperindah dan mempercantik blog anda.



Gadget blogger terdiri dari bermacam macam widget, nah disini saya akan coba list beberapa widget yang tersedia di dashboard blogger anda:
1. Entri unggulan. Widget ini untuk menampilkan featured post atau posting unggulan untuk blog anda.

2. HTML/Javascript. Widget ini berfungsi untuk memasukkan fungsi HTML atau Javascript pada blog anda.

3. Profil. Menampilkan informasi tentang diri Anda kepada pengunjung.

4. Arsip Blog. Mempermudah pengunjung untuk menavigasi blog Anda dengan tautan ke pos lama.

5. Header Halaman. Tampilkan judul dan deksripsi blog Anda.

6. Gambar. Menambahkan gambar dari komputer Anda atau dari mana pun di web.

7. Dan masih banyak lagi, seperti label, laman, daftar link, text, entri popular, kotak penelusuran, dan masih banyak lagi.

Saya tidak akan bahas widget tersebut, yang akan saya bahas disini adalah bagaimana sih cara menambahkan atau memasang gadget di blogger atau blogspot.

Langsung saja berikut adalah langkah langkahnya:
1. Silahkan anda masuk ke dashboard blogger anda di blogger.com Setelah itu anda masuk ke halaman tata letak. Silahkan anda lihat gambar dibawah:
Letak link tata letak di blogger

2.Setelah itu anda dibawa ke halaman tata letak. Di template yang saya buat sendiri kurang lebih tampilan sebagai berikut:

dashboard tata letak blogger

Keterangan gambar diatas tergantung dari template yang digunakan masing orang, tiap template beda beda dalam hal peletakan widget atau gadget nya.

3. Langkah berikutnya anda tinggal klik Tambahkan Gadget (lihat gambar diatas) maka akan  muncul popup pilihan gadget atau widget yang sudah tersedia, lalu anda klik tombol + untuk widget yang ingin anda tambahkan. Lihat gambar dibawah:

Gambar gadget atau widget blogger

4. Selanjutnya anda akan dibawa ke pengaturan widget atau gadget, silahkan atur widget anda, jika sudah selesai dengan pengaturan widget anda yang perlu anda lakukan adalah klik tombol simpan untuk menyimpan widget, klik hapus untuk menghapus widget atau klik kembali untuk kembalik ke tampilan daftar gadget yang ingin anda tambahkan, berikut adalah contoh tombolnya:

Gambar tombol gadget atau widget blogger


Catatan tambahan:
- Jangan pernah menambahkan widget terlalu banyak karena itu akan menambah beban blog anda.
- Seperti kita ketahui judul gadget bawaan dari blogger tidak SEO friendly karena menggunakan tag h2. Tinggal ganti saja kode <h2><data:title/></h2> dengan kode <h3><data:title/></h3> kalau di theme yang saya buat silahkan ditambahkan kode <h3><span><data:title/></span></h3>. Atau bisa menambahkan kode tag h4. Untuk cara edit template bisa anda lihat tutorial:
Cara edit tempate di blogger atau blogspot
- Remove juga kode <b:include name='quickedit'/>

Mudah sekali bukan, semoga artikel diatas bermanfaat.

0 comments